Jumat, 17 Desember 2010

Teknik Dasar Belajar Fotografi untuk Pemula

Berikut ini penjelasan  beberapa teknik dasar belajar fotografi untuk pemula, yang mungkin dapat dipraktekkan untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam menjepret dan mengabadikan sebuah momen.


1. Eye Level Viewing
Eye level viewing atau yang dikenal dengan pemotretan sebatas pandangan mata, merupakan teknik yang paling umum di dalam fotografi. Eye level viewing biasanya kita temukan pada foto pada umumnya alias standart.
Gambar yang dihasilkan tentu saja sebuah gambar yang wajar atau biasa. Tidak menimbulkan efek khusus yang luar biasa kecuali apabila Anda menggunakan efek-efek yang dihasilkan oleh pemakaian lensa-lensa tertentu.


2. Bird Eye Viewing
Bird eye viewing atau pemotretan pandangan burung, biasanya dilakukan dengan melakukan bidikan dari atas. Sehingga, gambar yang dijepret akan menimbulkan efek objek jepretan terlihat lebih rendah, pendek dan kecil.
Penerapan teknik ini biasanya dipraktekkan untuk menyajikan sebuah lokasi secara menyeluruh, semisalnya saja pemotretan ketika sedang konser musik dan sebagainya.


3. Low Angle Camera
Low angle camera merupakan penjepretan yang dilakukan dari bawah. Sehingga efek gambar yang ditimbulkan, mengacaukan perspektif yang secara kasat mata bisa menurukan kualitas dari gambar yang kita hasilkan.
Walaupun demikian, bagi fotografer yang sudah lumayan ahli, kesan yang dihasilkan oleh teknik ini adalah, menimbulkan image sosok pribadi yang besar, berwibawa, tinggi, serta berwibawa.
Jenis pemotretan seperti ini, biasanya dipraktekkan pada tokoh penting atau sebagainya, yang tengah memberikan pidato dari atas mimbar yang tinggi.


4. Frog Eye Viewing
Frog eye viewing atau teknik memfoto dengan pandangan sebatas mata katak. Teknik ini memposisikan kamera berada di bawah, hampir sejajar dengan permukaan tanah, dan tentu saja berbeda dengan teknik low angle camera yang mengarahkan kamera ke atas, frog eye viewing tidak mengarahkan kamera ke atas namun mendatar dan biasanya diterapkan sambil bertiarap.






( ini postingan untuk komunitas Fotografi )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar